with RadithTonite Lets Talk about…Menjalin Hubungan dengan Pasangan Yang Jauh Lebih Muda

Posted: June 19, 2009 in article
Tags:

Menjalin Hubungan dengan Pasangan Yang Jauh Lebih Muda

Dalam sebuah hubungan cinta, perbedaan usia dimana si pria lebih muda daripada si wanita bukan alasan atau penyebab ketidakcocokan. Sebaliknya, usia yang setara atau prianya lebih tua dari si wanita juga sama sekali bukan jaminan hubungan itu akan mulus dan langgeng. Coba lihat di sekelilingmu. Berapa banyak hubungan pacaran yang putus atau perkawinan yang kandas karena sebab-sebab yang sama sekali tak ada hubungannya dengan usia. Perbedaan prinsip hidup dan cara pandang, kebiasaan, sikap-sikap, hambatan dalam komunikasi, masalah ekonomi, dll. Bisa menyebabkan suami-istri bertengkar atau bercerai meski usia mereka dianggap serasi menurut pandangan umum di masyarakat. Jadi, meski masyarakat lebih bisa menerima perbedaan usia dimana usia si pria lebih tua daripada si wanita, namun hal itu bukanlah suatu keharusan. Apalagi dalam kasusmu, usia kalian hanya terpaut satu tahun saja. Dan memang benar, banyak orang yang usianya lebih muda bisa berpikir dan bersikap lebih dewasa dibanding pasangannya.

Yang lebih penting, dalam sebuah hubungan interpersonal termasuk pacaran dan pernikahan, ada kedewasaan serta kesamaan sikap dan cara berpikir, ada kemampuan komunikasi yang baik, terbuka dan saling menghargai antar individu yang berpasangan dan ada kesediaan untuk berkompromi bila menghadapi masalah. Kesamaan atau kesetaraan ekonomi, etnis, latar belakang keluarga, pendidikan, hobi, sifat dan usia memang bisa memperlancar suatu hubungan, tapi sekali lagi itu bukan jaminan. Tidak berarti pernikahan antara dua orang yang berbeda dalam beberapa hal termasuk usia si pria lebih muda tidak akan bisa berjalan dengan baik. Intinya, cocok tidaknya dua individu satu sama lain bukan semata-mata ditentukan oleh kesamaan usia atau bahwa yang laki-laki harus lebih tua usianya daripada si perempuan, melainkan oleh tingkat terpenuhinya kebutuhan masing-masing oleh pasangannya. Dua orang yang tidak bisa saling memenuhi kebutuhan bisa kehabisan energi dalam cekcok dan pertengkaran, sedangkan pasangan dengan tujuan dan kebutuhan yang sejalan akan lebih mudah hidup rukun meski tetap ada beberapa perbedaan di antara keduanya

Tapi ternyata… cewek jauh lebih dewasa dibanding umurnya. Sedangkan cowok jauh lebih kekanak-kanakan dibanding umurnya. Dari penelitian itu dikatakan, pemikiran cewek itu lebih dewasa 5 tahun dari umurnya. Sedangkan cowok justru kebalikannya. Jadi jika cewek umur 17 tahun pemikirannya seperti cewek umur 22 tahun. Sedangkan cowok di umur 17 tahun, pikirannya seperti anak 12 tahun alias anak SMP. Lihat aja, semua cewek ingin tampil lebih dewasa sedangkan cowok justru lebih ingin terlihat remaja. Benar nggak? Meskipun nggak bisa dibilang semuanya, tapi kebanyakan yang dilihat ya seperti ini.
Kembali ke masalah awal, penelitian ini akan berdampak kalau cowok berpacaran dengan cewek yang lebih tua. Karena pemikiran mereka akan terpaut jauh. Misalnya saja mereka terpisah 6 tahun, maka itu berarti pemikiran mereka berbeda 16 tahun. Ini yang bisa membuat hubungan ini nggak biasa. Berbeda kalau si cowok yang lebih tua 5 tahun dari si cewek. Itu artinya pemikiran mereka justru seperti pasangan satu level.

%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

TIPS ANTI-GARING PACARAN AMA BRONDONG

  • Panah cinta yang ditembakkan oleh Cupid sang dewa cinta memang tidak pandang bulu. Bisa jadi, panah cinta cewek malah jatuh pada cowok yang lebih muda atau nama kerennya sekarang, berondong. Ada satu hal yang biasanya ditakutkan oleh sang cewek, bagaimana jika hubungan ini tidak berhasil karena ketidaknyambungan Anda dengan si berondong? Baca dulu yang satu ini.
  • Seimbangkan Penampilan
    Saat Anda memilih busana formal untuk kencan, pasangan Anda dengan cueknya memakai kaus, jeans belel dan sneakers. Memang sangat tidak sesuai. Agar Anda tidak terkesan sedang mengasuh adik, maka Anda harus pintar-pintar memilih baju. Bisa saja dengan cara menyesuaikan diri dengan si dia dan tampil lebih kasual atau meminta sang berondong dandan lebih rapi demi Anda.

    Pasang Muka Tebal
    Sebenarnya hubungan Anda dengan pasangan Anda yang lebih muda itu baik-baik saja. Namun lingkungan Anda yang rasanya tidak terima dengan kebahagiaan Anda itu. Omongan-omongan seperti, “Asisten manajer kok pacaran sama anak kuliahan sih?” Memang, satu resiko pacaran dengan berondong adalah adanya omongan-omongan negatif dari kiri kanan. Kalau Anda memang menikmati hubungan dengan si dia, maka cuek saja. Anggap saja mereka sirik karena Anda mendapatkan pasangan yang lebih fresh.

    Tukeran Yuk!
    Hampir setiap kencan, si dia maunya nonton film action atau main bowling bareng teman gengnya. Padahal Anda mau nonton film drama dan berlanjut makan malam romantis. Agar tidak berantem, buatlah perjanjian untuk bergantian menentukan acara kencan. Anda harus mau diajak gila-gilaan oleh si dia, dan si dia juga kudu bersedia melewatkan waktu ‘tenang’ bersama Anda.

    Kenalkan Pada Teman Anda
    Bukan berarti Anda harus selalu menyembunyikan berondong Anda hanya karena takut mendengar komentar miring tentang Anda dan si dia. Sesekali ajak dia bergaul dengan teman-teman Anda. Dengan mengenalkannya pada teman-teman Anda, dia akan merasa diterima di dalam dunia Anda serta merasa dihargai dan diakui.

    Gantian Dong!
    Jangan hanya karena Anda sudah punya penghasilan tetap dan si dia masih mengandalkan uang saku, maka Anda selalu jadi sumber dana kencan. Kalau memang sumber dana si dia tidak mencukupi, pilih saja acara kencan yang murah namun menyenangkan.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s