” BENCI JADI CINTA”

Posted: October 30, 2009 in Uncategorized
Tags:

 

Radith and Biyan lagi-lagi nonggol buat nemenin kamu, kali ini kita bakal ngobrolin..

” BENCI JADI CINTA”

scary story..

Benci dan cinta itu tipis batasnya…

“Pasti sudah sering dengar kata-kata ini. Dan banyak yang udah mengalaminya. Dulu, ada seorang teman cewek, sebut saja namanya Bunga (halah, kok kayak korban perkosaan ya?) yang benci banget sama temanku cowok (sebut saja Arjuna). Bencinya luar biasa. Sampai-sampai setiap apa aja yang diomongin Arjuna itu, ndak ada yang benar di matanya. Meskipun sebenarnya kalo dipikir sama orang netral, omongan Arjuna tuh bener.

Namun semua berubah drastis hanya karena kejadian 5 detik. Arjuna secara ga sengaja menangkap bola yang mengarah ke Bunga. Waktu itu ada Liga sekolah, biasa lah cewek-cewek jadi supporter dan Arjuna yang pemain basket itu ndak bisa maen sepak bola. Sejak saat itu, sikap Bunga ke Arjuna jadi berubah, jadi lebih netral dan manis. Aneh? Gak juga…

Cinta
Dari Wikipedia bahasa Indonesia..

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
Para pakar telah mendefinisikan dan memilah-milah istilah ini yang pengertiannya sangat rumit. Antara lain mereka membedakan:

  1. Cinta terhadap keluarga
  2. Cinta terhadap teman-teman atau philia
  3. Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
  4. Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
  5. Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  6. Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  7. Cinta akan sebuah konsep tertentu
  8. Cinta akan negaranya atau patriotisme
  9. Cinta akan bangsa atau nasionalisme

Beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia atau bahasa Melayu apabila dibandingkan dengan beberapa bahasa mutakhir di Eropa, terlihat lebih banyak kosakatanya dalam mengungkapkan konsep ini. Termasuk juga bahasa Yunani kuna, yang membedakan antara tiga atau lebih konsep: eros, philia, dan agape.

Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
1. Pengenalan

2. Tanggung jawab

3. Perhatian

4. Saling menghormati
Seperti banyak jenis kekasih, ada banyak jenis cinta. Cinta berada di seluruh semua kebudayaan manusia. Oleh karena perbedaan kebudayaan ini, maka pendefinisian dari cinta pun sulit ditetapkan. Lihat hipotesis Sapir-Whorf.
Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada ‘jiwa’ atau pikiran, cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta keterkenalan, dll. Cinta lebih berarah ke konsep abstrak, lebih mudah dialami daripada dijelaskan.
Cinta kasih yang sudah ada perlu selalu dijaga agar dapat dipertahankan keindahannya

Benci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia

 

Benci atau kebencian adalah merupakan sebuah emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidaksukaan, enmiti, atau antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang, atau fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk, menghindari, menghancurkan atau menghilangkannya.
Kadangkala kebencian dideskripsikan sebagai lawan daripada cinta atau persahabatan; tetapi banyak orang yang menganggap bahwa lawan daripada cinta adalah ketidakpedulian.
Cinta Platonik

Dari Wikipedia
Cinta Platonik adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut sebuah relasi yang sangat afektif, tetapi di mana unsur-unsur rasa ketertarikan secara seksual tidak terdapat, terutama apabila hal ini justru malahan diperkirakan ada.
Istilah ini diambil dari salah satu filsuf Yunani kuna, Plato, terutama dari karyanya Symposium, di mana tertulis bahwa cinta akan ide daripada kebaikan adalah dasar dari semua kebajikan dan kebenaran.
Istilah amor platonicus, sudah dipakai seawal abad ke-15 oleh Marsilio Ficino, sebagai sinonim daripada “amor socraticus,” yang merujuk kepada afeksi antara Sokrates dan murid-muridnya.

 

 

KOIN KEHIDUPAN ( CINTA + BENCI = KASIH )

By Yenti – Posted on Oktober 5th, 2007

http://www.sabdaspace.org/koin_kehidupan_cinta_benci_kasih
Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi (menghargai) terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
Benci atau kebencian adalah merupakan sebuah emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidaksukaan, enmiti, atau antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang, atau fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk, menghindari, menghancurkan atau menghilangkannya.
Kadangkala kebencian dideskripsikan sebagai lawan daripada cinta atau persahabatan; tetapi banyak orang yang menganggap bahwa lawan daripada cinta adalah ketidakpedulian.

Dikutip dari : id.wikipedia.org/wiki

Saya membuat istilah untuk Cinta dan Benci ini.
“Cinta dan Benci bagaikan sebuah KOIN KEHIDUPAN dengan 2 sisi yang saling bersatu tetapi tetap merupakan 2 sisi yang berbeda “ yaitu sisi Cinta dan sisi Benci. Itulah realita kehidupan yang ada. Ada yang berawal dari Cinta akhirnya menjadi Benci dan ada yang berawal dari Benci akhirnya menjadi Cinta.
Itulah NATUR MANUSIA. Manusia tidak akan punya kemampuan untuk mencintai/mengasihi sesama tanpa menginginkan suatu balasan/pamrih.

Saat Cinta yang diberikan tidak terbalaskan, maka Cinta tersebut akan berubah menjadi Benci. Saat ada saling berbagi diantara manusia dan tidak ada tuntutan, maka Benci akan berubah menjadi Cinta.
Sepertinya ada Magnet yang bekerja di antara manusia, Benci bisa berubah menjadi Cinta karena ada gaya tarik menarik antara dua kutub ( dua manusia ) , sedangkan Cinta menjadi Benci pun karena gaya tolak menolak di antara dua kutub itu juga ( dua manusia )
Natur Manusia

Saya mengasihi kamu, saya juga mengharapkan dan menuntut kamu mengasihi saya…

Saya menghargai kamu, saya juga mengharapkan dan menuntut kamu menghargai saya…

Saya percaya kepada kamu, saya juga mengharapkan dan menuntut kamu percaya kepada saya…

Saya melakukan hal apapun yang baik , saya berharap kamu juga melakukan hal apapun yang baik juga untuk saya…

Intinya ,setiap manusia punya natur dalam melakukan sesuatu adalah “ Saya “ dan “ Satu Harapan/Balasan ” dari apa yang dilakukan. Ada unsur untuk mendapatkan sesuatu yang dirasakan sebagai HAK/Tuntutan yang harus didapatkan dengan KEWAJIBAN/ perbuatan baik yang dilakukan.
Kenapa seorang Pria/ Wanita saat jatuh cinta,bisa melakukan banyak hal untuk pasangan yang dicintainya ?
Karena ada unsur mau berkorban dan tidak menuntut haknya untuk sementara waktu karena belum merasa memiliki objek tersebut.
Tetapi kenapa pada saat salah satu pihak ditolak, Cinta berubah menjadi Benci ?
Karena unsur menuntut hak telah muncul dan harapan-harapan telah ada pada orang yang melakukan pengorbanan.
Jika bicara tentang Cinta dan Benci, pasti ada kaitan dengan hubungan relasi manusia. Hubungan Relasi manusia kelihatan merupakan hal yang sangat gampang, tetapi pada kenyataannya sulit sekali untuk dipahami dan dijalankan. Kenapa? karena kita berhubungan dengan manusia yang punya akal, pikiran, perasaan , latar belakang keluarga , budaya, cara pandang, gap antar jenis kelamin dan gaya yang berbeda-beda.
Saya coba merumuskan Cinta dan Benci sebagai berikut :
Rumus Manusia : CINTA + BENCI # KASIH


A = Manusia 1                B = Manusia 2

 

  • Jika A Cinta dan B Cinta… Maka akan A dan B akan mengasihi

 

  • Jika A Cinta dan B tidak Cinta…Maka A akan Benci B dan B akan merasa bersalah / cuek dengan A

 

  • Jika B Cinta dan A tidak Cinta…Maka B akan Benci A dan A akan merasa bersalah / cuek dengan B

 

  • Jika A dan B tidak Cinta…Maka A dan B tidak akan saling mengasihi

( Ada syarat mencintai)
Rumus Tuhan : CINTA + BENCI = KASIH ( BENCI = BENar-Benar Cinta )
A = Tuhan             B = Manusia

 

ü  A Cinta kepada B bukan karena B mencintai Dia, tapi karena A benar-
benar Cinta tanpa syarat apapun ( Tidak ada syarat mencintai, kebebasan diberikan Tuhan kepada manusia, apakah akan menerima Cinta tersebut/tidak. Satu kebebasan yang bertanggung jawab )

 

http://www.sabdaspace.org/koin_kehidupan_cinta_benci_kasih

 

 

CINTA vs BENCI
Benarkah lawan dari CINTA itu adalah BENCI?

Ketika seseorang seringsekali bercerita tentang kebenciannya pada sesuatu, apakah itu benar-benar menunjukkan bahwa dia tidak cinta?
salah seorang tokoh besar, Fariduddin al Attar pernah bercerita, bahwa ada seorang tokoh (?) yang berkunjung ke tempat Robi’ah al adawiyah, ulama besar ahli mahabbah, si tamu tersebut selama berada di tempat robiah yang
diceritakan adalah betapa jeleknya dunia itu, betapa buruknya dunia itu, betapa menipunya dunia itu, dan betapa ia bencinya dunia itu. Robi’ah tersenyum…dan ketika si tamu itu berlalu, Sofyan At Tsauri,sahabat Robiah yang juga sedang berkunjung ke situ bertanya pada Robiah,”Benarkah orang itu benci kepada dunia?”
Robiah tersenyum dan berkata,”Bagaimana mungkin dia membenci dunia? yang ada di pikiran dan perasaannya hanyalah terisi dengan dunia dan urusannya”

Dzunnun al Mishri, satu waktu di datangi salah seorang muridnya,”ya Guru, kata muridnya, aku sudah beribadah kepada Tuhan selama 30 tahun yang menurutku aku juga sungguh2. Siang puasa, malah tahajud dan selain amalan
wajib, yang sunnah2 juga aku kerjakan. tapi bukannya aku tidak puas dengan keadaanku, tetapi mengapakah tidak ada sedikitpun tanda2 yang datang dari Tuhan tentang apa yang telah aku lakukan ini?” Dzunnun menjawab,”kalau begitu, nanti malam kamu makan yang banyak, dan jangan sholat isya” Si murid agak heran juga mendengar saran gurunya, tapi ia mengangguk dan pulang. Keesokan harinya, ia datang ke Dzunnun dan bercerita, “Alhamdulillah guru, semalem saya mendapatkan tanda itu dari Allah swt, aku sudah menuruti saran guru untuk makan yang banyak, tetapi aku tidak tega untuk
meninggalkan sholat wajib isya. Kemudian malam harinya, aku bermimpi di datangi oleh Rosulullah saw dan beliau bersabda,”wahai fulan, tenangkan hatimu, Allah mendengar, melihat dan mengetahui apa yang kamu kerjakan. Bersabarlah dan ikhlaslah.” dalam mimpi itu saya mengangguk, kemudian Rosulullah saw bersabda lagi,”Dan sampaikan pada Dzunnun Al Mishri bahwa Allah berpesan agar ia jangan menyarankan muridnya untuk tidak sholat isya”

Mendengar itu Dzunnun tertawa sampai keluar air matanya..kemudian ia berkata, “Jika kamu tidak bisa mendekatiNya melalui Kasih SayangNya, maka dekatilah ia melalui rasa marahNya”
Dan baru saja kemaren saya tertegun ketika membaca buku “Secret of Power Negotiating”,  di dalam buku itu, Roger Dawson menulis,”apakah lawan CINTA itu adalah BENCI ??” , Tidak !! katanya, Lawan CINTA itu adalah KETIDAKPEDULIAN…
Bagi seorang Pecinta, kebencian dari sang kekasih itu lebih berharga dari pada KETIDAKPEDULIAN dari yang dicintainya…

Seseorang bersyair..

“ya kekasih…dari pada engkau memalingkan wajahmu dariku, lebih baik, sakiti aku dan marahi aku dan bencilah aku…itu lebih baik..sebab kemarahanmu, dan kebencianmu, itu adalah salah satu bentuk kepedulianmu kepadaku”

hati seorang pecinta..

lebih memerlukan kepedulian dari yang dicintai..dari pada ketidak peduliannya.. baikpun kepedulian itu berwujud kasih sayang yang dicintainya…ataupun kepedulian itu berwujud amarah dan bencinya…
“KETIDAKPEDULIAN adalah lawan dari CINTA”

Benci dan cinta itu tipis batasnya…

 

Pasti sudah sering dengar kata-kata ini. Dan banyak yang udah mengalaminya. Dulu, ada seorang teman cewek, sebut saja namanya Bunga (halah, kok kayak korban perkosaan ya?) yang benci banget sama temanku cowok (sebut saja Arjuna). Bencinya luar biasa. Sampai-sampai setiap apa aja yang diomongin Arjuna itu, ndak ada yang benar di matanya. Meskipun sebenarnya kalo dipikir sama orang netral, omongan Arjuna tuh bener.
Namun semua berubah drastis hanya karena kejadian 5 detik. Arjuna secara ga sengaja menangkap bola yang mengarah ke Bunga. Waktu itu ada Liga sekolah, biasa lah cewek-cewek jadi supporter dan Arjuna yang pemain basket itu ndak bisa maen sepak bola. Sejak saat itu, sikap Bunga ke Arjuna jadi berubah, jadi lebih netral dan manis. Aneh? Gak juga…
Kata-kata mengenai cinta dan benci yang tipis bedanya tuh bukan sekedar mitos, tapi emang ada ilmu yang menyertainya. Simple nya, witing tresna jalaran saka kulina (wiks, bahasa planet mana ini) cinta itu karena kebiasaan. Kenapa bisa begitu? Semakin kita tahu seseorang, semakin kita bisa menilai. Saat kita benci buta kepada seseorang, kita jadi secara tak sadar makin kenal dia. Dan jika kita tidak punya pijakan yang kuat terhadap kebencian itu, lama-lama pijakan itu runtuh saat sesuatu yang baik terjadi pada diri kita dan orang yang kita benci-lah penyebabnya, maka yang timbul selanjutnya adalah cinta. Hah? Ribet ya? Ah, baca deh berkali-kali. Kalo ndak tau maksudnya juga, berarti emang ribet.
Dan ternyata, baru-baru ini di Inggris sono, ada penelitian mengenai hal ini. Ternyata, secara ilmiah, bisa dibuktikan loh kata-kata diatas.
Professor Semir Zeki dari Universitas London melakukan penelitian dengan melihat gelombang otak seseorang. Sebanyak 17 orang laki-laki dan perempuan menjadi obyek dalam penelitian tersebut. Mereka diperlihatkan foto-foto orang-orang yang mereka cintai, benci dan yang sifatnya netral.
Saat diteliti lebih jauh, area otak yang bekerja saat seseorang merasa cinta atau benci berdekatan.
Gelombang otak saat seseorang merasa benci dan cinta pun hampir sama.
Di area otak yang bekerja saat seseorang merasa benci dan seseorang merasa cinta hanya dibatasi dengan garis tipis. Hanya saja, area yang dimiliki rasa cinta lebih besar.
Kalo mau baca selengkapnya, ada disini nih. And by the way, sekedar tambahan, aku juga pernah loh ngalamin ini.

percaya ga seh, aklo yaang namanya benci bisa jadi cinta??? pernah ga kamu ngalaminya?? hari ini “BENCI JADI CINTA” bakalan jadi tema uwiugi malam ini,, guys, kalo kamu ngerasa benci sama seseoang, tapi rasa benci itu berubah jadi cinta,, apa yang akan km lakukan?? ikutan comment yuk, by sms 08574338 8876. phone (0293)325090, tau comment di sini:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s